PURBALINGGA-Menurut berita yang agak akurat, lebay dan kurang dapat dipercaya—Seputar Facebook Minggu, 17 Januari 2010—mengatakan bahwa angin lisus, putting beliyung, topam, badai, dkk menyapu pusat Kabupaten Purbalingga yakni sepanjang jalur Padamara terus ke timur, ada perempatan terus lurus ke Jalan MT. Haryono terus lurus, pertigaan pasar tetep lurus ke timur, sampe ke Jalan Jendral Sudirman, lurus terus ke alun-alun, ke timur terus ada gang kecil, masuk, sebelah kanan deket Mushala nah, itu tempat warung sate “Gawe Puyeng”. Hadoooh…mangsude jalur mencari jejaknya si Lisus cs. Abis si Lisus cs yang ngga bertanggung jawab itu pergi gitu aja, katanya eh katanya, yang namanya pohon beringin di alun-alun udah kayak rambut rocker yang ngga pake shampo 10 tahun terus diacak-acak pake garpu raksasa. Kebayang ngga?? Selain itu, pohon-pohon juga banyak yang tumbang, reklame jebol, rusak parah, motor juga banyak yang roboh, gerobak-gerobak PKL guling, tabung gasnya nggelinding di jalan, martabaknya beterbangan dibawa angin Lisus itu (Ooo…jadi gitu tujuannya..), atap-atap bocor, seng2 kebawa angin, hadoh ngeri…ngerrrriiii…(kalo ga bisa ngomong errr berarti ngellliiiii) deh pokokee. Abis badainya selese, tinggal pohon2 gedhe di alun-alun yang sujud ke timur semua gara2 oleng sama si Lisus-tak-berperasaan. Hfuff…dosa apa hambamu ini Ya Allah (akeh!! utang urung dibayar, senenge nyiwiti, pelit, de el el).

Nah, pas kejadian begitu, aku ngga lagi ada di TKP tapi lagi di rumahku yang aman, sehat, sentosa. Pengin tau lagi ngapain?? BE-LA-JAR!!! (Jegggeeerrrr!!!! Belajar???). Yuph…akhirnya setelah sekian abad buku2 catatanku tersimpan di lemari makanan ga pernah tersentuh tangan manusia (paling banter disentuh tangan tikus, digerogoti lebih tepatnya), sekarang aku buka satu persatu meskipun hanya tinggal sisa2 bagian yang belum dikrikiti tikus rumah (buat dijadiin bungkus kacang rebus mangsuteh…). Pas denger kabar si Lisus berbuat ulah, coba tebak apa yang lagi aku pikirin??? Selain mikirin Jackson Rathbone sama Taylor Lautner (huwaww…dia keren banget di New Moon), aku juga mikirin SE-KO-LAH. Ga percaya?? Serius koh. Aku langsung teringat sekolahku tercinta SMA Negeri 1 Purbalingga yang sangat kupuja (Hueekksss…lebay temen). Aku pun berdoa kepada Tuhan…

Doa anak polos untuk sekolahnya:

“Bismillahirrahmanirrahim…Ya Tuhan, semoga karena angin lisus ini ruang yang buat nyimpen soal-soal Try Out bocor, Ya Tuhan… jadinya soal2 Try Out basah semuanya dan Try Out Besok dibatalin…Amieeeennnn…” (tersenyum licik!). Huhui…

(Dengan penuh kekhusyukan, anak polos ini mengamini doanya dan berkata “Semoga terkabul, mengko soale pada ancur kaya bubur, hahah, trus Try Out dibatalna dadi ora ngakeh2ih pikiran. HUAHAHAHAHA…HUAHAHAHAHA…”)

Tapi.
Ternyata doa yang diucapkan sepenuh hati itu belum sampai ke Tuhan (mungkin salah kirim, atau kena tilang sama Waka Kurikulum, hihihi… Ampun, Pak).
Untung tak dapat ditolak, malang tak dapat diraih…(kebalik ya?)
Esoknya Try Out tetep dijalankan….Hkruzzzz Nyebelinn!!!
Meskipun ada beberapa ruang yang sedianya dijadikan tempat Try Out dipindah karena kebajiran, nah loh, masih tetep bersikeukeuh ngadain Try Out,ck,ck,ck… Padahal ya, jeng, banyak pohon2 di depan skul eike yang tumbang boo, batang en rantingnya patah, ada papan yang rusak juga, buku2 di beberapa ruang juga basah, apalagi di ruang BK, Vvu. Buku sama tisu basah merk Johnsons and Joko’s dah ngga ada bedanya. Parahnya lagi, atap kantin yang terbuat dari kanopi pun ikut beterbangan kayak bidadari selesai mandi, trus gara2 iri sama atap kantin yang bisa terbang, seng2 di aula pun ikut2an, jadi deh, aula sama kantin open room…hahahahaha….
Tapi. Tapi. TAAAAPPPIIII!!!! Yang lain sudah separah itu, kenapa kertassoal Try Out ngga cacat sedikitpun??? Kenapa?? Oh, Kenapa?? Nasib… nasib. Jangan2 skul-ku punya ruang rahasia yang kayak di Hogwarts trus buat nyimpen naskah Try Out itu, trus dijaga sama ular raksasa dan jampi2 nyolongus-buntungus. Dan ruang itu merupakan ruang paling aman seeeeeeee-Karang Sentul, tahan air, kedap suara, anti gempa, anti tsunami, anti longsor, anti lecet, anti lengket, dan anti noda.

KENYATAAN PAHIT PUN HARUS DITERIMA
Ada salah satu bab Matematikan namanya Logika Matematika. Lha wong dasar aku ngga pernah mikir pake logika alias ngawur terus, gimana pake logika?? Tapi dengan ketelatenan bak seorang ilmuwan-mata-pitik, dan dengan kecerdasan yang luar biasa amburadulnya, saya berhasil membuat sebuah Logika Matematika yang sangat membanggakan:
1)Jika kamu anak sekolah maka kamu sekolah
2)Jika kamu anak sekolah maka kamu mengikuti ujian
3)Sebelum ujian, semua anak sekolah mengikuti Try Out
4)Jika ikut Try Out maka stress
5)Jika Stress maka sengsara
Kesimpulannya adalah “Jika Sekolah maka Sengsara”
Hari Pertama Try Out, 18 Januari 2010, Materinya Biologi dan Bahasa Indonesia. Ngga terlalu ngeri sih, tapi tetep aja, kalo udah mentok, jurus Bismillahirrahmanirrahim-langsung-ketemu pun dipakai, tapi ngga sering2 amat. Setidaknya masih cukup amunisi simpanan buat besok2. Hahahahaha
Hari Kedua Try Out, 19 Januari 2010, Matematika(=neraka) dan Bahasa Inggris. Ya Allah, …Listening sectionnya gile benerr…biasane angger latian alon, siki cepet banget. Padahal udah aku bilang suruh pelan, eh, masih tetep cepet juga, jane yang ngomong denger ga sih kalo aku protes??
Setelah Bahasa Inggris, Lha…ini,ini.. MATEMATIKA, Ya Allah…yang namanya bikin soal ngga pake perasaan (ya iyalah, gaer soal ya ngganggo pulpen udu nganggo perasaan. Priben carane, Hafi?). Sampe bel peringatan 10 menit terakhir, semua anak pada teriak2, kaget, shock. Aku?Apalagi. WAAADDDAAAWWWW!!!! MASIH 10 NOMER YANG BELUM DIKERJAIN….!!!!!SETTAAANNN!!!! Langsung deh, cadangan amunisi aku keluarin dan kepake semua. Dor!Dor!Dor!Dor!!!Dordordor!!! Hfiufff…(niruin ganyanya Charlies Angels). Kemudian… TEEETT..TEEETTT…Bel selesai ngerjain berbunyi kayak lagi ngejek. Aku pun keluar kelas dengan hati hancur berkeping-keping dan otak menceng sebelah (emang dari dulu mbok??). Setelah berada di luar, aku ngliat suasana penuh emosi. Ada temenku yang nginjek2 soal matem sampe ancur, ada yang saking keselnya teriak-teriak sampe nangis, ada yang loncat2 kayak colaps, ada yang dengan penuh emosi ngga tau ngomong ke sapa “Sapa sing gawe soal jane? Maju ngeneh!!! Maju!!! Wanine gawe soal tok, ora wani ngadep aku!!”, ada yang cuma diem lemes bahkan sampe ngga bisa ngomong apa2, ada yang ketawa2 ngga jelas, ada juga yang teriak2 kayak kesurupan sambil ngomong “Sialan…AKU NEMBAK ORA NDELENG SOAL…KYEE…GEMBLUNG, AKU NEMBAK ORA NDELENG SOAL…LANGSUNG BAT,BET,BAT,BET…!!!!HHHUUAAAA…”
DAN AKU?? Lemes. Cuma bisa menghibur diri dengan berkata “Tumben soal Matem gampang.” GUBRAK!!!
Tanganku gemeter, kakiku juga, ngga berani langsung pulang naik motor mbok kenapa2 di jalan (misalnya ketemu banci apa nabrak kodok, nah loh?). Eh,kebeneran ada yang ngajak jajan mie ayam. Aku ikut aja. Samnil ngilangin stress aku masukin sambel segentong ke mie ayamku,,,stress hilang…mencret pun datang,hahaha…
Sambil makan, aku dan temen2ku yang juga dibikin stress gara2 matem, ngrencanain aksi balas dendam ke guru2 matem yang bikin soal biadab ini. Rencananya kita culik guru2 matem se-Purbalingga trus dicek pake detektor kejujuran, sapa yang terbukti bikin soal bakalan kita kelitikin sehari non stop sampe gila, terus pas ketawa, kita masukin bom molotov ke mulutnya dan…DDDDUUUUUUAAAARRRR!!!! Misi selesai.
Niscaya ngga ada lagi guru matem yang berani bikin soal susah2. Yang ada soalnya kayak gini:
Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat. Jangan memilih jawaban yang salah!
1).1+1=…
a. 2 b. salah

Hahahahaha…Perfect!!

Hari ketiga Try Out, 20 Januari 2010. Fisika sama Kimia (O..ow…). Kalo kemaren Biologi sama Bahasa Indonesia, yang ngga usah dipelajari Bahasa Indonesianya. Pas Matem sama Bahasa Inggris, yang ngga usah dipelajari Bahasa Inggrisnya. Nah, Matem sama Kimia yang ngga usah dipelajari yang mana??? hadoh…pas malem sebelumnya, aku udah nyetel jam alarm pukul 01.00 WIB buat bangun dan belajar malem2. Eh, ngga taunya aku bangun jam setengah satu buat apa coba? Buat matiin jam alarm. Gile aje…aku tidur sampe pagi,deh…dan ngga ada agenda belajar pagi. Alhasil, aku ngga belajar bener (Emang pernah belajar bener??////Pernah. Pas UAN SD, wee!!)
Paginya aku ngerjain Fisika dengan persiapan amunisi super. Lha wong amunisi super aja masih sering reload, berarti aku juga harus pake jurus Basmallah-langsung-ketemu, atau pake Al-Fatihah, atau pake apa kek, yang penting jangan Al-Baqarah. Ato kalo oret2an ketemunya misal 250, eh ngga ada di pilihan ganda, yang ada angka 500, ya udah aku pilih aja. Kalo lupa rumusnya, tinggal angka yang ada di soal dibagi,dikali,dijumlah,dikurangi,diakar, trus kalo ketemu lagi di pilihan ganda ya tinggal pilih!! Gampang kan?
Begitu juga yang terjadi pada Kimia. Boro-boro belajar Kimia, Fisika aja mau muntah.

Yah…Begitulah!!!

Abis Try Out hari terakhir, rasanya kepala udah kayak knalpot, panas, keluar asep tebel, rambut rontoh, bibir pecah2, mata sembab, muka pucat, dan hidung gatel(yang ini apa hubungannya?). Beda tipis sama penderita autisme, lah.

Pesan Moral : Ternyata mukul2in buku ke kepala ngga bikin kita jadi ngerti isi buku itu.

Kakak2ku yang udah pada lulus SMA, apa kalian juga ngrasain hal yang sama kayak aku apa aku ngga sih?